10 Sekolah Penerbangan Terbaik di Indonesia

Sekolah penerbangan saat ini masih kurang dilirik oleh para pelajar. Selain karena biaya sekolahnya yang tinggi, mereka masih ragu akan masa depan pekerjaannya. Faktanya, sekolah-sekolah penerbangan di Indonesia hanya bisa memenuhi kebutuhan pilot sekitar 200 hingga 300 pilot per tahun. Artinya, masih banyak kebutuhan akan pilot yang belum terpenuhi. Belum lagi pekerjaan di posisi lain dalam kaitannya dengan penerbangan seperti pramugari ataupun yang lainnya. Untuk itu, kalian perlu mencari sekolah pilot yang benar-benar memiliki kualitas bagus. Jika tertarik, kalian bisa mempertimbangkan salah satu dari 10 sekolah penerbangan terbaik di Indonesia berikut ini.

Syarat-syarat Masuk Sekolah Penerbangan

Saat ini, banyak pelajar yang ragu dan cenderung minder untuk masuk ke sekolah penerbangan. Mereka takut tidak diterima. Padahal, persyaratan untuk masuk ke sekolah penerbangan tidaklah rumit. Hanya ada 3 persyaratan utama yang harus dipenuhi. Yang pertama adalah umur. Untuk masuk sekolah penerbangan,kamu sudah harus berumur minimal 17 tahun. Lulusan apapun bisa masuk sekolah penerbangan. Syarat yang kedua adalah bisa bahasa Inggris. Dalam hal ini, hanya bahasa Inggris dasar yang dibutuhkan sehingga tidak terlalu sulit. Persyaratan terakhir adalah tes kesehatan. Jika kalian sehat, bisa dipastikan kalian akan lulus tes tersebut.

Biaya Pendidikan dan Gaji Setelah Kerja

Sebelum membahas lebih jauh tentang 10 sekolah pilot terbaik di Indonesia, mari kita simak tentang biaya pendidikan yang harus dikeluarkan. Memang sekolah penerbangan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, ada banyak sekolah penerbangan yang menawarkan cicilan bahkan hingga 60 bulan ataupun memberikan diskon khusus dengan persyaratan tertentu. Setelah lulus, kalian bisa bekerja sesuai dengan jurusan yang diambil. Yang paling tinggi gajinya adalah pilot. Untuk pilot baru, gajinya sekitar 25 hingga 35 juta. Seiring meningkatnya karir, gaji pilot bisa mencapai lebih dari 100 juta. Menggiurkan bukan?

Lama Pendidikan Sekolah Pilot

Sebelum masuk ke pembahasan, kita harus tahu berapa lama waktu yang harus ditempuh di sekolah penerbangan. Sebenarnya, semua itu tergantung pribadi siswa masing-masing. Jika kalian giat belajar dan serius mengikuti pelajaran di sekolah penerbangan, tentu akan mempercepat proses kelulusan. Rata-rata, para siswa yang belajar di sekolah penerbangan hanya memerlukan waktu sekitar 8 bulan hingga 1 tahun untuk lulus, meskipun ada beberapa siswa yang belum lulus meskipun sudah lebih dari 1 tahun. Cukup singkat, bukan? Jadi, impian kalian untuk berkarir di dunia penerbangan ternyata tidak sulit.

Tips Sebelum Masuk Sekolah Penerbangan

Bisa masuk sekolah penerbangan memang suatu kebanggaan tersendiri. Namun, bukan berarti kalian boleh memilih sekolah penerbangan asal-asalan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mendaftar di sekolah penerbangan. Yang pertama adalah biaya pendidikan. Pastikan biaya pendidikan yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan finansial kalian. Selain itu, perhatikan juga cara pembayarannya, apakah harus dibayar sekaligus atau boleh dibayar secara bertahap. Jika memang boleh dibayar bertahap, kalian juga harus tahu berapa lama atau berapa kali biaya tersebut harus dibayar. Kemudian, lama pendidikan juga perlu dipertimbangkan. Yang terakhir adalah hubungan kerja sama dengan Maskapai Penerbangan Nasional. Ini yang paling penting karena menyangkut masa depan dalam mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

10 Peringkat Terbaik Sekolah Penerbangan di Indonesia

Ada banyak sekali sekolah penerbangan yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia, terutama di kota-kota besar di negeri ini. Jadi, kalian harus benar-benar hati-hati dalam memilih sekolah penerbangan agar mendapatkan pilihan terbaik. Dengan sekolah penerbangan terbaik, tentu saja peluang karir dalam dunia penerbangan semakin bagus. Untuk itu, di sini kami akan membagikan informasi 10 sekolah penerbangan terbaik di Indonesia berdasarkan peringkat terkini. Mudah-mudahan ini bisa membantu anda untuk memilih sekolah penerbangan terbaik.

  1. Eagle Air Academy

Semua orang sudah tahu kualitas Akademi Eagle Air ini. Jadi, tak perlu diragukan lagi bahwa sekolah penerbangan ini menjadi yang terbaik di Indonesia. Waktu pendidikannya juga terbilang sangat singkat dimana kalian bisa lulus dalam waktu 8 bulan saja. Dengan kualitas yang tak diragukan lagi, ternyata biaya yang ditawarkan tidak terlalu mahal dibandingkan sekolah-sekolah penerbangan terkenal yang lain. Total biaya yang perlu kalian keluarkan adalah 33 dolar Amerika atau sekitar 445 juta rupiah. Di sekolah ini, semua siswa dari berbagai negara boleh mendaftar, akan tetapi murid yang berasal dari Indonesia tetap lebih diprioritaskan. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan daftar ke Eagle Air Academy untuk mewujudkan impianmu berkakrir di dunia penerbangan.

  1. Sunrise Aviation

Sunrise Aviation juga termasuk salah satu dari 10 sekolah penerbangan terbaik se Indonesia. Namun, sayangnya sekolah ini lokasinya bukan di Indonesia, bahkan jauh dari negara kita ini. Sekolah penerbangan ini beralamat di Orange, Kalifornia Selatan, Amerika. Jadi, jika kalian tertarik untuk bersekolah di Sunrise Aviation, kalian harus bersedia untuk belajar di Amerika. Untuk biaya pendidikan yang harus dikeluarkan, totalnya mencapai 42 dolar Amerika atau kurang lebih sekitar 700 juta rupiah. Karena lokasinya di Amerika, wajar saja jika biayanya juga lebih mahal dari beberapa sekolah penerbangan lainnya di Indonesia.

  1. STPI Curug

Jika kalian ingin meniti karir di dunia penerbangan namun tidak memiliki dana banyak untuk bersekolah di sekolah penerbangan, maka STPI Curug bisa menjadi solusi. Termasuk salah satu dari 10 sekolah penerbangan terbaik di Indonesia, STPI Curug memiliki biaya pendidikan yang sangat terjangkau. Dengan bermodalkan 20 juta rupiah saja, kalian bisa menempuh pendidikan di sekolah penerbangan negeri ini hingga lulus. Namun, tentu saja proses seleksinya sangat ketat, lebih ketat dibanding dengan sekolah penerbangan lainnya. Per tahun, STPI Curug hanya menerima 20 siswa saja. Jadi, jika kalian ingin diterima di sekolah penerbangan ini, maka kalian harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

  1. ATKP Surabaya

ATKP Surabaya juga termasuk sekolah penerbangan negeri. Jadi, biayanya juga sangat terjangkau dibanding kebanyakan sekolah penerbangan lain. Untuk menempuh pendidikan di ATKP Surabaya, kalian hanya perlu menyiapkan dana 48 juta saja. Tentu biaya ini masih termasuk terjangkau mengingat karir di dunia penerbangan sangat hebat dan berpeluang memiliki penghasilan selangit. Meskipun biaya pendidikannya sangat terjangkau, dipastikan kalian tidak akan mudah diterima di sekolah penerbangan ini karena proses seleksinya yang tergolong rumit dan sulit. Jadi, perlu persiapan yang benar-benar matang jika ingin mendaftar di ATKP Surabaya.

  1. Bandung Pilot Academy

Jika kalian bercita-cita ingin menjadi pilot, kalian pasti bisa mewujudkannya. Langkah awalnya adalah pergi ke Bandung. Di sana, ada sekolah penerbangan yang bernama Bandung Pilot Academy. Karena kualitas dan popularitasnya, sekolah penerbangan ini tergolong mahal untuk masalah biaya pendidikannya. Untuk bersekolah di sini, kalian perlu menyiapkan dana sekitar 620.200.000 rupiah. Sayangnya, biaya pendidikan yang mahal belum didukung dengan infrastruktur yang lengkap karena di sekolah penerbangan ini infrastrukturnya masih terbatas dan bisa dibilang sedikit. Namun, tetap sekolah ini termasuk 10 sekolah penerbangan terbaik di Indonesia.

  1. Alfa Flying School

Alfa Flying School juga termasuk salah satu sekolah penerbangan favorit di negara kita ini. Namun, banyak yang tidak mampu untuk menempuh pendidikan di sana karena biaya pendidikannya yang tergolong mahal. Untuk besekolah di Alfa Flying School, setiap siswa harus mempersiapkan dana tak kurang dari 650 juta rupiah. Sekolah ini berada di Jakarta, tepatnya di Jalan Protokol Halim Perdana Kusuma no 8. Sekolah penerbangan ini tergolong baru karena baru berdiri sekitar 10 tahun silam. Namun, banyak yang menyukai sekolah ini.

  1. Bali International Flight Academy (BIFA)

Di bali juga ada sekolah penerbangan yang sangat populer yaitu Bali International Flight Academy atau lebih dikenal dengan nama BIFA. Karena memiliki kerjasama dengan Garuda Indonesia, sekolah penerbangan ini memiliki peluang karir yang bagus dan cerah. Namun, tak mudah agar bisa masuk ke sekolah ini karena proses seleksinya yang sangat ketat. Hanya talenta-talenta terbaik yang akan berhasil diterima menjadi siswa di sekolah penerbangan ini. Selain itu, biaya pendidikan juga masih menjadi kendala besar karena mahal. Untuk bisa bersekolah di sini, kalian harus merogoh kocek dalam-dalam hingga 620 juta rupiah.

  1. Aero Flyer Institute

Aero Flyer Institute juga bisa menjadi pertimbangan jika kalian ingin bersekolah di sekolah penerbangan. Aero Flyer Institue beralamat di Serdang Wetan, Legok, Tangerang, Banten. Namun, sayangnya biaya pendidikannya sangat tinggi. Setiap siswa yang ingin bersekolah di sini harus siap membayar biaya pendidikan yang mencapai hingga 750 juta an rupiah atau 55 dolar Amerika. Selain masalah biaya pendidikan yang tinggi, sekolah penerbangan ini juga masih terbatas peralatannya, termasuk pesawat latih yang masih sangat sedikit. Jadi, sebelum memilih sekolah penerbangan, pertimbangkan dahulu segala sesuatunya agar tidak menyesal dan kecewa.

  1. Preflight Pilot School

Jika kalian ingin menjadi pilot professional, maka menempuh pendidikan di Proflight Pilot School adalah pilihan yang tepat. Namun, untuk bisa diterima di sekolah penerbangan ini, tentu saja tidak mudah dan kalian harus melalui proses seleksi yang panjang. Untuk setiap batch nya, hanya akan ada 12 siswa yang diterima. Hal ini bisa menggambarkan betapa sulitnya masuk ke sekolah penerbangan ternama ini. Biaya pendidikannya juga tergolong mahal di mana setiap siswa yang ingin menempuh pendidikan di sini harus membayar total hingga 645 juta rupiah selama masa pendidikan.

  1. All Asia Aviation Academy

Yang terakhir adalah All Asia Aviation Academy. Sekolah penerbangan ini juga termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia. Sudah banyak yang lulus dari sekolah penerbangan ini dan mereka sukses di karir mereka masing-masing. Untuk biaya pendidikan di sekolah penerbangan ini, biayanya mencapai hingga 43 dollar Amerika atau kurang lebih sekitar 600 juta rupiah.