Seluk Beluk Seorang Pilot Dalam Dunia Penerbangan

Siapa yang tidak tahu pilot? Semua orang hingga anak-anak mengetahui profesi ini. Pilot memang profesi bergengsi yang banyak diidamkan setiap orang baik laki-laki ataupun perempuan. Jadi seorang pilot bukan hanya laki-laki saja, perempuan pun ada yang menjadi seorang pilot meskipun jumlahnya belum seberapa. Menjadi seorang pilot ternyata tidaklah mudah, merintis karir dalam dunia penerbangan membutuhkan pengalaman serta jam terbang tinggi. Karena profesi ini bukan untuk bergaya melainkan ada tanggung jawab besar didalamnya. Penerbang akan membawa banyak orang didalam pesawat dan keselamatan mereka berada ditangan pilotnya. Tertarik menjadi seorang pilot? Simak ulasannya berikut ini.

Syarat masuk sekolah pilot

Sama seperti sekolah tinggi atau perguruan tinggi lainnya, diperlukan syarat yang harus dipenuhi. Syarat dasar yang harus dipenuhi adalah tidak mengenakan kacamata, dalam artian mata tidak bermasalah seperti mata minus. Jika setelah lulus masuk mata anda bermasalah dan harus menggunakan kacamata, hal ini diperbolehkan. Syarat dasar lainnya adalah harus SMA jurusan IPA dengan tinggi minimal bagi perempuan 160 cm dan laki-laki minimal 170 cm. Bila dibawah itu tidak ada tolelir lagi. Pilot merupakan orang terpilih diantara yang baik, jadi harus memenuhi syarat secara mutlak.

Selain syarat dasar masih ada pula serentetan tes hingga tes bakat. Bila sederet tes tersebut dapat dikerjakan dengan predikat lulus, selamat tandanya anda akan resmi masuk sekolah di STPI. Pendidikan STPI tidak terlalu panjang membutuhkan waktu sekitar 1 tahun saja. Didalam STPI perjuangan calon pilot belum berakhir justru karir dalam dunia penerbangan baru dimulai. Bukan hanya sekedar mata pelajaran biasa, adapula simulasi menerbangkan pesawat. Calon pilot juga akan digembleng masalah kedisiplinan, ketegasan bukan kekerasan dan pendidikan berkarakter, sehingga dapat menghasilkan pilot profesional nantinya.

Bila telah menyelesaikan pendidikan calon pilot akan mendapatkan gelar CPL atau commercial pilot license. Tapi perlu diingat, kendati telah lulus bukan berarti anda sudah siap menerbangkan pesawat, diperlukan ijin terbang dengan jam terbang cukup.

Biaya sekolah pilot

Siapa yang tidak tertarik sekolah pilot murah? Namun pertanyaan biaya sekolah pilot terus membayangi para orang tua. Biaya sekolah penerbangan tidaklah sedikit, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Untuk sekolah negeri lebih murah karena mendapatkan subsidi dari pemerintah. Biaya yang diperlukan sekitar 30 jutaan per tahun. Sedangkan sekolah penerbangan swasta biayanya dapat mencapai 300 hingga 500 jutaan. Angka yang cukup fantastis memang, tapi bila jeli dalam memilih sekolah, ada beberapa sekolah penerbangan swasta dengan kebijakan pembayaran yang dapat dicicil. Tentu sedikit meringankan beban para orang tua bukan?

Gaji pilot

Mengeluarkan biaya yang tidak sedikit akankah gaji yang diterima sesuai dengan biaya sekolahnya? Gaji pilot memang tidak bisa dianggap enteng, tapi gaji yang diperoleh berbeda-beda berdasarkan karir dalam dunia penerbangan dan pangkat yang disandang. Semakin tinggi semakin besar pula gaji yang didapatkan. Sebagai contoh saja gaji FO atau first offIcer digaji sekitar 20 hingga 35 jutaan per bulan. Sedangkan kisaran gaji captain dengan jam terbang 10.000 di gaji sekitar 40 hingga 70 juta setiap bulannya bergantung maskapai masing-masing. Pilot maskapai lokal dengan mancanegara juga berbeda, ada yang berpangkat captain dan memiliki gaji hingga 100 jutaan tiap bulannya. Gaji ini berupa gaji pokok, belum termasuk tunjangan yang diberikan. Baik tunjangan keluarga, kesehatan dll.

Karir didunia penerbangan

Tak berbeda dengan profesi lain pada umumnya, karir dalam dunia penerbangan juga memiliki tingkatan. Dimana tingkatan ini dipengaruhi oleh kinerja dan jam terbang seorang pilot. Semakin tinggi jam terbangnya maka pangkat yang dimiliki juga semakin tinggi. Jenjang karir tersebut dapat dilihat dari tingkatan yang ada dipundak mereka.

–      Pangkat 1

Pangkat dan karir didunia penerbangan dengan 1 garis ini menunjukkan bahwa dia adalah calon pilot atau disebut dengan cadet pilot. Maksutnya adalah siswa yang masih belajar disekolah penerbangan.

–      Pangkat 2

Selanjutnya pangkat dengan 2 garis, orang berpangkat ini biasa disebut juga Second Officer (SO). Dia adalah pilot yang sudah lulus sekolah pilot namun masih dalam tahap training disebuah maskapai penerbangan. Dengan jam terbang masih sekitar 100 jam.

–      Pangkat 3

Bila seseorang mengenakan pangkat dengan 3 garis, pada tahapan ini, pilot biasa dikenal dengan First Officer (FO). Dia akan menjadi tangan kanan atau asisten Captain dalam menerbangkan pesawat. Biasanya seorang FO sudah memiliki jam terbang antara 100 hingga 1500 jam.

–      Pangkat 4

Kemudian pangkat dengan 4 garis, pangkat ini merupakan pangkat tertinggi dijenjang karir seorang pilot dan biasa dikenal dengan sebutan Captain. Syarat seorang captain adalah jam terbangnya yang tinggi lebih dari 1500 jam serta telah lulus test ATPL (Airline Transport Pilot License).

–      Pilot senior

Pilot yang sudah senior disebuah maskapai biasanya dapat menjadi instruktur atau direktur operation dari maskapai tersebut.