Mengenal Lebih Dekat Mengenai Bidang Penerbangan Di Indonesia

 

Mengenal Air Traffic Controller (ATC)

Banyak orang yang tidak tahu singkatan atc. Padahal tugas act sangat penting. Tanpa adanya petugas ini, sebuah penerbangan tidak bisa berjalan dengan baik. Untuk menjadi seorang atc pun, anda harus sekolah terlebih dahulu. Menempuh pendidikan yang sama dengan pilot atau petugas penerbangan lainnya. Syaratnya pun cukup sulit. Jika berminat untuk menjadi seorang atc atau petugas penerbangan lainnya, anda harus memahami semua istilah dengan baik.

Kepanjangan atc adalah air traffic controller atau pemandu lalu lintas udara. Mereka harus mengatur segalanya dengan baik, sehingga tidak ada tabrakan atau kecelakaan di udara. Tentunya ini lebih sulit dibandingkan mengatur lalu lintas di daratan. Karena lintasan pesawat, hanya diketahui oleh beberapa orang saja.

Pengertian atc adalah prodesi yang bertugas memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara. Terutama untuk pesawat udara, sehingga tidak terjadi tabrakan atau antar pesawat saling berdekatan. Selain itu atc juga bertugas untuk mengatur kelancaran lalu linta dan membantu pilot mengendalikan situasi darurat. Ada banyak tugas yang harus dilakukan oleh seorang atc.

Syarat Menjadi ATC ( Air Traffic Controller)

Setelah tahu atc artinya apa, mungkin anda penasaran apa syarat dan tugas seorang atc. Profesi ini memang tak begitu popular. Tidak seperti pilot dan pramugari. Tapi tugas atc sangat penting, tanpa mereka sebuah penerbangan tidak berjalan dengan baik. Tugas yang diberikan pun hampir sama beratnya dengan seorang pilot.

Lalu apa syarat menjadi atc? Untuk menjadi atc dan mendapatkan lisensi, anda harus memenuhi syarat-syarat berikut ini :

  • Minimal usia 21 tahun
  • Memiliki pengetahuan tentang hukum udara beserta peraturannya. Karena hal ini berhubungan dengan proses pemanduan lalu lintas
  • Paham tentang alat pemanduan lalu lintas
  • Memahami tentang penerbangan, prinsip, mesin, kemampuan pesawat dan lainnya
  • Memahami tentang meteorologi
  • Memiliki kemampuan berbahasa yang baik dan benar dengan aksen yang jelas
  • Sehat jasmani dan rohani

Selain syarat utama diatas, anda juga harus memiliki lisensi seorang atc. Untuk mendapatkan lisensi tersebut dibutuhkan pendidikan dan tes yang lama. Oleh karena itu seorang atc, harus benar-benar berbakat di bidangnya karena hal ini berhubungan dengan keselamatan semua penumpang pesawat.

Tugas Seorang ATC

Atc adalah profesi yang bertugas untuk mengatur lalu lintas udara, selain itu masih banyak tugas lain yang dilakukan oleh seorang atc. Antara lain :

  • Mencegah tabrakan antar pesawat
  • Mengatur pergerakan lalu lintas udara, supaya berjalan dengan baik
  • Memberikan informasi dan saran ke pilot, supaya keselamatan dan pengaturan lalu lintas tetap berjalan baik. Terutama ketika terjadi kondisi darurat
  • Menginformasikan mengenai pesawat yang butuh pertolongan atau hilang

Beban kerja seorang atc memang berat sekali. Bahkan tidak ada hari libur buat mereka. Setiap harinya puluhan pesawat yang melakukan perjalanan. Apalagi untuk bandara yang besar, tentunya membutuhkan konsentrasi yang lebih besar. Setiap atc pun memiliki tugas yang berbeda-beda. Ada yang mengatur pelayanan darurat, lalu lintas dan lainnya. Saat ini ada banyak sekolah atc jakarta, jika anda berminat di bidang ini.

Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Pilot

Membahas tentang dunia penerbangan, belum lengkap kalau tidak membahas tentang seorang pilot. Karena profesi inilah yang akan menjalankan sebuah pesawat. Tanpa pilot pesawat tidak akan berjalan dengan baik. Arti pilot adalah orang atau profesi yang bertugas untuk mengemudikan pesawat terbang. Untuk bisa mengemudikannya, seorang pilot harus melakukan ujian resmi dan mendapatkan sertifikat resmi terbang. Jadi bukan sembarang orang yang bisa menjadi seorang pilot.