Mengenal Lebih Dekat Mengenai Bidang Penerbangan Di Indonesia

Supaya bisa memahaminya, berikut ini beberapa lisensi pilot yang harus dimiliki oleh seorang lulusan sekolah pilot.

  • PPL ( privat pilot license)

Ppl atau privat pilot license merupakan lisensi yang harus dimiliki oleh semua siswa sekolah pilot. Dengan menggunakan lisensi ini, siswa sekolah pilot dapat menerbangkan pesawat mesin tunggal untuk keperluan pribadi. Jam terbang minimal 60 jam. Bisa digunakan untuk menerbangkan helikopter atau pesawat jet dalam keperluan bisnis pribadi atau rekreasi. Penerbangannya pun hanya boleh dilakukan di siang hari. Belum bekerja di maskapai jadi belum mendapatkan bayaran.

  • CPL ( Commercial pilot license)

Lisensi lanjutannya ada cpl atau commercial pilot license. Untuk mendapatkannya minimal memiliki 200 jam terbang. Bisa bekerja di maskapai dan menerbangkan pesawat komersial. Tapi jam terbangnya masih dibatasi dan hanya boleh menerbangkan siang hari.

  • IR ( instrument rating)

Lisensi penerbangan ini merupakan lanjutan dari lisensi cpl. Jika sudah memiliki lisensi ini, pilot boleh menerbangkan pesawat siang hari dan malam hari. Tapi pemilik lisensi IR, harus berada dibawah pengawasan instrument flight rules (IFR) dan visual flight rules (VFR). Untuk mendapatkan lisensi ini, pilot harus menambahkan 20 jam terbang dari CPL.

  • MER ( Multi Engine Rating)

Mer atau multi engine rating merupakan lisensi tertinggi yang harus dimiliki seorang pilot. Dengan menggunakan lisensi ini, pilot bisa menerbangkan pesawat bermesin tunggal maupun ganda. Resiko yang dimiliki pun lebih tinggi. Karena berhadapan dengan mesin yang kinerjanya lebih cepat. Pemegang lisensi ini, selain bisa menjadi pilot juga bisa menjadi instruktur

Untuk mendapatkan lisensi itu, tentunya dibutuhkan ujian dan jam terbang yang baik. Karena anda tidak bisa mendapatkan lisensi itu dengan mudah. Tanpa adanya lisensi diatas, seorang pilot tidak dijinkan untuk menerbangkan pesawat. Semakin banyak jam terbang pilot, akan semakin tinggi pula lisensi dan pangkat yang mereka miliki.

Syarat Menjadi Seorang Pilot

Untuk menjadi seorang pilot, anda harus memenuhi beberapa syarat berikut ini :

  • Memahami teori penerbangan

Seorang pilot harus paham semua teori penerbangan. Teori ini meliputi konsep fisika, prinsip aerodinamika, sistem operasi pesawat dan lainnya. Semua teori itu akan dipelajari di sekolah pilot. Jadi seorang pilot harus lulus dan mendapat ijazah dari sekolah penerbangan atau sekolah pilot terlebih dahulu.

  • Paham Cara Kerja Mengemudi Pesawat

Tidak hanya paham tentang teori, tapi juga paham tentang cara kerja mengemudi pesawat. Karena mengemudi pesawat tidak semua yang kita pikirkan, ada banyak sekali teori dan tombol yang harus diperhatikan.

  • Paham tentang penunjuk arah atau navigasi

Syarat ini wajib dimiliki oleh seorang pilot. Kalau tidak paham tentang penunjuk arah, akan bingung mengemudikan pesawat. Pilot harus paham tentang peta dan grafik arah. Karena selama mengemudi, arah menjadi petunjuk paling penting. Hal ini untuk mengantisipasi kalau petunjuk arah digital rusak atau dalam kondisi darurat.

  • Tinggi Badan proposional

Tinggi minimal pilot sekitar 170 cm untuk pria dan 165 cm untuk wanita. Tinggi badan ini menjadi syarat utama. Kalau tidak memenuhi tinggi badan minimal, maka tidak bisa masuk ke sekolah tinggi pilot.

  • Lulus Pendidikan formal

Jika tidak lulus pendidikan formal. Seorang pilot tidak bisa menjadi pilot. Untuk masuk ke sekolah, anda harus lulus sma/ma jurusan IPA atau smk kejuruan yang berhubungan dengan pilot atau pesawat. Jika tidak memiliki syarat ini, anda langsung gugur menjadi pilot.

Berapa Besar Gaji Seorang Pilot di Indonesia

Pasti ada penasaran berapa gaji pilot? Gaji seorang pilot ditentukan oleh berbagai hal seperti:

  • Tempat maskapai ia bekerja
  • Masa kerja, tingkatan, jabatan atau pangkat pilot
  • Total jam terbang

Di indonesia sendiri gaji seorang pilot tertinggi bisa mencapai 70 juta perbulannya. Tentunya sesuai dengan jabatan yang dia pegang.

  • Untuk second officer gajinya sekitar 15-20 juta perbulanya.
  • First officer atau co-pilot gajinya berkisar 30-40 juta perbulan
  • Captain gajinya berkisar 45 juta perbulan

Yang gajinya bisa mencapai 70 juta perbulan adalah captain senior yang jam terbangnya sudah banyak. Karena semakin banyak jam terbang dan pengalaman, akan semakin tinggi pula gaji yang didapatkan. Apalagi anda bekerja di maskapai yang bagus. Tentunya akan semakin tinggi pula gaji yang anda dapatkan.

Mengenal Foo (Flight Operation Officer)

Profesi ini memang tak begitu popular. Mungkin tidak banyak yang tahu tentang profesi foo ini. Padahal tugas mereka juga penting. Apa itu foo? Foo atau flight operation officer adalah profesi yang bertugas untuk menyiapkan dan melaksanakan rencana penerbangan. Jadi mereka akan bertugas di kantor maskapai atau bandara. Tugas mereka juga berhubungan dengan keselamatan penumpang. Mereka akan memperhitungkan batasan berat saat lepas landar, menganalisa cuaca, pembakaran bahan bakar, rencana rute penerbangan dan masih banyak lainnya.