Sekolah Pilot Dengan Biaya Relatif Terjangkau

ATKP menjadi favorit setelah STPI karena biaya pendidikan yang terjangkau. Siswa hanya mengeluarkan biaya 48 juta untuk biaya pendidikan mereka. Namun seleksi yang diadakan sekolah ini sangat ketat.

  1. Angkasa Aviation Academy

Angkasa Aviation Academy atau disingkat AAA merupakan sekolah penerbangan miliki maskapai Lion Air. Awalnya bernama Wings Flying School. Sekolah pilot Lion Air berlokasi di dua tempat, yaitu Penggung Airport (Cirebon) dan Bandara Tjilik Riwut (Palangkaraya). Tiap tahunnya, sekolah penerbangan ini mampu mencetak 160 pilot yang handal. Biaya pendidikan yang harus dikeluarkan tiap siswanya mencapai 400 juta.

Sekolah pilot lion ini pada tahun 2015 terhitung memiliki 14 pesawat Cessna-172 yang jumlahnya terus bertambah. Dua lokasi, yaitu di Cirebon dan Palangkaraya dipilih karena memiliki keuntungan tersendiri bagi calon pilot. Cirebon dipilih karena lokasinya berdekatan dengan beberapa bandara komersil besar di Indonesia. Sedangkan Palangkaraya dipilih karena memiliki area relatif datar dan lalu lintas penerbangan yang tidak terlalu padat. Jadi, kedua tepat ini cocok untuk belajar dan persiapan pendaratan di bandara komersil yang sibuk.

  1. National Aviation Management (NAM Flying School)

Selain Lion Air, Sriwijaya Air juga memiliki sekolah pilotnya sendiri. Bernama NAM Flying School, sekolah ini berlokasi di Bandar Udara Depati Amir, Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Bangka Belitung dipilih karena memiliki kondisi iklim yang tepat dan dataran yang relatif datar, jadi cocok untuk pelatihan penerbangan.

Sekolah pilot sriwijaya air ini sudah berdiri sejak tahun 2010 dan sudah diberi kewenangan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara sebagai sarana pelatihan dengan standar keamanan yang tinggi. Fasilitas yang disediakan adalah asrama, ruang kelas, 3-Axis simulator, CBS, dll. Program yang disediakan sekolah ini juga sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh sriwijaya air.

Dengan biaya sekolah yang besarnya 50 juta ke atas, para siswa akan mendapatkan pelatihan dengan jam terbang yang tinggi. Para siswa akan diajarkan teori, latihan menggunakan simulator lalu latihan terbang sesungguhnya dengan didampingi instruktur yang sudah bersertifikasi. Selain menawarkan program yang berkualitas, salah satu keunggulan sekolah ini adalah berada di bawah naungan sriwijaya air yang terus membutuhkan tenaga pilot.

  1. Perkasa Flight School

Perkasa Flight School atau sekolah pilot perkasa merupakan sekolah pilot dengan biaya yang juga terjangkau. Dengan biaya pendidikan sebesar 645 juta, para siswa sudah diberikan paket pendidikan pilot yang lengkap. Selain itu, sekolah pilot perkasa juga memberikan beasiswa pada tahapan type rating dan line training bagi yang mengikuti program zero to hero.